Sabtu, 18 Mei 2013



KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan karunia kepada kamiu sehingga makalah ini dapat kami selesaikan.tak lupa kami haturkan shalawat serta salan kami ucapkan pada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW. Karena berkat beliaul ini kami ada di dunia ini yag terang benderang sehingga makalah ini dapat saya selesaikan. Selain itu kami ucapkan terima kasih kepda semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan lapran ini.
·         Ibu ervawati selaku Pembina kami dalam membuat laporan Praktikum tanah.
·         Bapak Muhammad Nurudin S.Pd selaku pengurus LAB yang telah memberikan izin menggunakan alat-alat LAB, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Dan oleh karena itu kami selaku penyusun makalah ini mengucapkan banyak terima kasih. Jika ada saran kritik yang sangant kami butuhkan untuk membuat suatu karangan agar supaya bisa menjadi lebih baik di masa yang akan datang.


Pamekasan,    Mei 2013

Penulis


BAB I
1.1  Latar Belakag
tanah merupakan dari permukaan bumi yang bersal dari batuan yang mengalami pelapukan. Tanah merupakan salah satu sumber kehidupan dalam memelihara atau menjaga kualitas udara, menyimpan air dan bahan makanan bagi tumbuhan.
Tanah di artikan sebagai kulit bumi yang tipis terletak di bagian atas permukaan bumi. Sebenarnya tanah mempunyai bebagai macam pengertian sesuai denganpandangan dan tujuannya. Selain itu tanah juga tidak jarang mengalami kerusakan seperti erosi, tetapi selain erosikerusakan tanah pada umumnya adalah tanah longsor, hal itu bisa terjadi karena factor manusianya yang tidak bisa menjaga tanah dengan baik. Mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan sendiri tampa memikirkan apa yang akan terjadi. Contohnya : penebangan pohon liar tampa mereka ssadari hal ini akan memngakibatkan tanah longsor apabila terjadihujan lebat, jadi jagalah tanah kita dengan baik agar kesuburannya terjaga dan agar terhindar dari kerusakan-kerusakan tanah.
Penulis membuat laporan praktikum tanah ingin mengetahui tanah yang ada di susun sumber batu. Apa perbedaan tekstur tanah , struktur tanah, warna tanah, peha tanah, dan bahan organic yang terkandung di dalamnya  
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa tanah itu?
2.      Apa saja komposisi tanah?
3.      Apa saja factor pembentuk tanah?
4.      Apa saja sifat-sifat tanah?


BAB II
ISI
2.1 Pengertian Tanah
Tanah merupakan bagian dari permukaan bumi yang berasal dari batuan yang mengalami pelapukan. Tanah merupakan kehidupan manusia, peran tanah sangat penting dalam memelihara atau menjaga kualitas udara, menyimpan air, dan bahan makanan bagi tumbuhan.
Tanah di artikan sebagai lapisan kulit bumi yang tipis terletak di bagian paling atas permukaan bumi. Sebenarnya tanah mempunyai berbagai macam pengertian sesuai dengan pandangan dan tujuannya. Meskipun tanah mempunyai pengertian berbeda-beda pada umumnya tanah sangat penting dari lingkungan hidup. Sehingga tanah dapat di artikan sebagai tempat untuk kehidupan manusia.

Ilmuan yang berkaitan dengan tanah adalah fedosfer dan berikut ini beberapa peran penting tanah bagi kehidupan manusia.
A.    Tempat tumbuhnya vegetasi.
B.     Sebagai tempat pemukiman dan tempat untuk melakukan kegiatan.
C.     Tempat bergembangnya hewan yang sangat berguna bagi manusia.
2.2. Komposisi Tanah
Tanah merupakan kumpulan-kumpulan benda alam yang berada di permukaan bumi yang tersusun atas horizon-horizon dan terdiri atas bahan mineral, bahan organic, air, dan udara. Perubahan jumlah terhadap salah satu bahan akan mempengaruhi pada jumlah bahan lain.

Bahan mineral dan bahan organic .
a.       Bahan mineral
Susunan mineral di dalam tanah berbeda-beda karna bahan mineral di dalam tanah berasal dari pelapukan batuan-batuan.
b.       Bahan organic
Pada umumnya bahan organic di temukan pada permukaan tanah, bahan organic mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap tanah, yaitu sebagai granulator.
c.       Air
Keberadaan air di dalam tanah karna bertahan atau berserap oleh massa tanah. Fungsi air dalam pertumbuhan tanaman adalah sebagai unsur harta tanaman-tanaman dan sebagai pelarut unsur hara. 


d.      Udara
Udara berfungsi mengisi pori-pori tanah. Susunan udara dalam tanah berbeda-beda dengan susunan udara di atmosfer. Misalnya kandungan CO2 dalam tanah lebih besar dari pada di atmosfer, sedangkan kandungan O2 di dalam,tanah lebih kecil dari pada atmosfer.

2.3. Factor pembentuk tanah
a.       Iklim
suhu udara dan curah hujan merupakan bagian dari unsure iklim yang sangat berperan dalam proses pembentukan tanah. Unsur curah hujan yang paling berperan adalah jumlah curah hujan dan intensitas hujan.
b.      Organisme
hewan maupun tumbuhan sangat berpengaruh terhadap proses pembentukan tanah yaitu sebagai bahan induk pembentuk tanah.
c.       Bahan induk
bahan induk terdiri dari batuan induk, vulkanik, batuan beku, batuan sidemen, dan batuan metamorf
d.      Topografi
relief merupakan bentuk tofografi suatu wilayah dalam proses pembentukan tanah berkaitan dengan arah aliran air.
e.       Waktu
Semakin lama waktu pembentukan tanah , maka akan semakin tebal pula tanah yang terbentuk

2.4. Sifat-sifat tanah
Sifat fisik dan kimia tanah dapat diidentifikasi atau di uraikan melalui tekstur, struktur, warna dan keadaan phnya.
A.    Tekstur tanah
Tekstur tanah di definisikan sebagai perbandingan relative berbagai golongan besar partikel tanah dalam suatu massa tanah. Terutama perbandingan antara fraksi-fraksi, debu dan liat. Tekstur tanah yang ada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten parmekasan yang telah di amati yaitu lempung berpasir yang terdiri dari liat 15%, pasir 65% dan debu 20%.    
B.     Struktur tanah
Tekstur tanah merupakan cara pengikatan butir-butir tanah yang satuterhadap yang lain. Lahan rawa atau gurun struktur tanah, kurang atau tidak berbentuk karna tanah bersifat tunggal atau tidak terikat satu sama lain.berbagai struktur tanah antara lain berupa struktur bongkahan butir atau temah, tiang dan lempengan. Struktur tanah berpengaruh terhadap jumlah air yang dapat diserapoleh tanah dan ketahanannya terhadap erosi_struktur tanah yang baek untuk pertumbuhan tanaman ialah struktur remah
C.     Warna tanah
Untuk membedakan tanah dapat di lihat dari warnanya. Warna tanah merupakan petunjuk untuk menentukan sifat tanah membedakan tanah yang sangat di pengaruhi kandungan bahan organic tanah. Warna tanah yang berada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan yaitu memiliki warna kuning ke coklatan
D.    PH tanah
Yang di maksud dengan PH tanah adalah  derajat ke asaman tanah. Keadaan ph tanah merupakan unsur yang penting dalam pertumbuhan tanaman. Tinggi rendahnya derajat ph di pengaruhi factor pembentukan tanah dan ke kepekaan ion_ion hydrogen (H+) hidroksil (oh-) yang ada dalam tanah semakin tinggi ke adaan ion hydrogen di dalam tanah semakin tinggi pula tingkat ke asaman tanah. Ph tanah yang ada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan phnya 6,7(netral).

2.5. Hasil Praktikum
a.       tujuan
untuk mengetahui struktur tanah, testur tanah, warna tanah, bahan organic, dan ph tanah  di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan.
b.      alat dan bahan
-          sekop
-          gelas bekas air mineral
-          plastic
-          indikator universal
-          air
-          tanah
c.       Langkah Kerja
·         Ambil sengumpal tanah lalu letakkan di atas kertas dan di campur air dan di aduk mengunakan tangan sampai tanah tersebut menjadi basah semua, kemudian di gesek_gesek mengunakan tanah untuk mengetahui testur tanah tersebut, kemudian di tetesin H2SO4 untuk menguji BOnya.


d.      Hasil
·         testur tanah: liat 15%, pasir 65% dan debu20%
·         testur tanah: lempeng platy
·         warna tanah: kuning ke coklatan
·         bahan organic: banyak kelembung
·         ph tanah: 6,7

Penjelasan
·         testur tanah: lembung berpasir
testur tanah seperti ini cocok di tanamin tumbuhan. Liat 15% pasir 65% dan debu 20%.
·         Struktur tanah: lempemh platy.
Tanah yang berada di dusun polay memiliki struktur tanah yang baik, karna tanahnya yang padat dan mempunyai pori_pori ngumpalan pembulat.
·         Warna tanah: kuning kecoklatan.
Warna tanah yang ada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan berwarna kuningn kecoklatan dan warna tanah coklat ini biasanya cocok untuk di tanamin.
·         Bahan organik
Kandungan organik tanah yang ada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan mempunyai banyak gelembung sehingga dapat di katakana kalao tanah yang terdapat di polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan termasuk tanah yang subur.
·         Ph tanah
Ph tanah yang terdapat di dusun polay, desa blumbungan , kecamatan larangan , kabupaten pamekasan yaitu 6,7 (netral). Berarti dapat di katakan kalau ph tanah yang berada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan netarl.  

e.       Kesimpulan
Di lihat dari hasil pengamatan saya tanah ada di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan struktur tanahnya terpasir (lempung berpasir) dan warna tanahnya coklat sedangkan PH tanahnya sama dengan tempat yaitu 6,7 (netral) dan bony sudah di tetesi (H2SO4), menunjukan gelombang banyak berati  tanah tersebut subur.

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dari hasil praktikum tadidapat di simpulkan bahwa tanah di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan adalah subur karena bahan organic yang terkandung dalam tanah yang telah di amati banyak.
3.2. Saran
Tanah di dusun polay, desa blumbungan, kecamatan larangan, kabupaten pamekasan sudah subur, tetapi untuk lebih subur lagi kita dapat menggunakan cara sebagai berikut :
1.      Pengerjaan tanah di lakukan pada waktu yang tepat
2.      Pemberian humur
3.      Pemberian kapur
4.      Pemberian tanah dengan pasir pada tanah liat
5.      Memberikan pupuk pada setiap tanaman


Daftar pustaka

Naimah 2013. Praktikun tanah Madrasah Aliyah Al-Djufri. Kelas XA
Uli. Marah H. dan Asep Mulyadi. 2007. Geografi untuk SMA kelas X.
Jakarta=esis
   

0 komentar :

Posting Komentar